indietravelmart 2018

Masjid Raya Sultan Riau, Pulau Penyengat

  • Image courtesy of http://4.bp.blogspot.com
  • Image courtesy of http://2.bp.blogspot.com
  • Image courtesy of http://3.bp.blogspot.com
  • Image courtesy of http://1.bp.blogspot.com
   
Masjid Raya Sultan Riau adalah daya tarik dari Pulau Penyengat. Pulau Penyengat sering disebut dengan Pulau Penyengat Inderasakti, berjarak 3 km dari Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau. Ukuran pulau ini kira-kira 2.500 meter x 750 meter.

Masjid Raya Sultan Riau berdiri pada tanggal 1 Syawal 1249 H atau 1832 M oleh Raja Abdurrahman. Uniknya, masjid ini dibangun tidak menggunakan semen, tetapi menggunakan putih telur, kapur, dan tanah liat sebagai perekatnya. Masjid Raya ini berukuran 18 m x 19,8 m.

Warna bangunan masjid ini selelu diberi warna kuning dan hijau, karena warna kuning melambangkan Kerajaan dan warna hijau berarti Islam. Salah satu keunikan lagi, bangunan masjid ini kedap suara dan dapat meredam gema jika berada di dalamnya.

Terdapat empat buah menara yang bentuknya seperti bawang dan bangunan kembar di sebelah kiri dan kanan depan masjid. Di belakang masjid, terdapat makam keluarga Sultan. Kubahnya berjumlah 17 buah sesuai dengan jumlah rakat shalat lima waktu.

Di dalam masjid, pengunjung dapat melihat koleksi perpusataakn dari Raja MuhammadYusuf Al Ahmadi, mimbar khotib yang khas serta kitab-kitab kuno dan kitab suci Al-Quran yang ditulis tangan. Pada saat shalat Jumat, pengurus mengumumkan jumlah sumbangan dalam rupiah,ringgit, dollar singapura, baht, dan lain-lain. Jumlah sumbangan mencapai milyaran rupiah.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Masjid Raya Sultan Riau, Pulau Penyengat at this time

×

...