shop-triptrus

Kantor Karesidenan Kedu

  • Image courtesy of kotatoeamagelang.wordpress.com
  • Image courtesy of sintacarolina.blogspot.com
  • Image courtesy of kotatoeamagelang.wordpress.com
   
Karesidenan Kedu (ditulis pula Kedoe atau Kedoo) adalah satuan administrasi yang berlaku di Jawa Tengah pada masa penjajahan Hindia-Belanda dan beberapa tahun sesudahnya, yang terletak di wilayah historis Dataran Kedu. Saat ini, Karesidenan Kedu telah dihapus namun masih digunakan untuk membantu administrasi pemerintahan provinsi, dengan sebutan Daerah Pembantu Gubernur Wilayah Kedu.
Dalam sejarah kepurbakalaan Indonesia, dataran Kedu dikenal sebagai tempat berkembangnya peradaban Jawa Kuno dinasti Syailendra, dan merupakan daerah penting dalam sejarah kerajaan Medang. Candi Borobudur yang terkenal itu terletak di kawasan ini. Dalam sejarah, pada abad ke-17 Kedu, sebagai sebuah kadipaten, berada di bawah kekuasaan Kesultanan Mataram yang kemudian diserahkan kepada VOC pada abad ke-18 sebagai imbalan atas bantuan VOC membantu Mataram melawan pemberontakan. Semenjak itu,
Kota Magelang di jaman Belanda menjadi tempat hunian yang sangat nyaman dan sejuk udaranya. Melihat hal itu pemerintahan pada waktu itu berupaya meningkatkan fasilitas sarana kota bagi warganya, seperti pendidikan, kesehatan, taman, pasar, jalan, transportasi termasuk tempat hiburan.
View Larger Map  
Rating

Reviews

Info

No one has reviewed this destination yet. Be the first!.


Info

No upcoming trip to Kantor Karesidenan Kedu at this time

×

...